Fisika adalah ilmu tentang alam dalam makna yang
terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi
dalam lingkup ruang dan waktu. Fisikawan
mempelajari perilaku dan sifat materi mulai dari partikel
submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga
perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada
dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi.
Sifat semacam ini sering disebut sebagai hukum fisika. Fisika sering
disebut sebagai “ilmu paling mendasar”, karena setiap ilmu alam lainnya
(biologi, kimia, geologi, dan lain-lain) mempelajari jenis sistem materi
tertentu yang mematuhi hukum fisika. Misalnya, kimia adalah ilmu
tentang molekul dan zat kimia yang dibentuknya. Sifat suatu zat kimia
ditentukan oleh sifat molekul yang membentuknya, yang dapat dijelaskan
oleh ilmu fisika seperti mekanika kuantum, termodinamika, dan elektromagnetika.
Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak
dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan
biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang
sains lainnya. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika
berkaitan dengan pemerian dunia material, sedangkan matematika berkaitan
dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia
material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada wilayah
luas penelitan yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni fisika
matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori
fisika.
Demikian definisi Fisika versi WikiPedia. Saya
sangat sadar bahwa pada materi tertentu, WikiPedia belum (bukan TIDAK)
layak dipakai sebagai referensi. Mengapa, karena WikiPedia adalah
Ensiklopedi Bebas tanpa Batas yang dikembangkan oleh para membernya.
Saya termasuk member yang sedang dan ikut mengembangkan beberapa proyek
di WikiPedia. Masih sangat banyak materi yang memang belum final,
sehingga menang belum layak dijadikan bahan rujukan. Untuk itu mari kita
ikut melakukan sunting sampai semua materi di WikiPedia layak dijadikan referensi/rujukan.
Kembali kepada Software untuk Pembelajaran Fisika. Saya merasakan,
lewat pengalaman beberapa tahun mengajarkan materi pelajaran Fisika,
bahwa ternyata Pembelajaran Fisika akan lebih mudah bilamana kita
memanfaatkan software. Kita bisa mengajar teori tanpa software, tetapi
bila menggunakan software pemahaman siswa akan konsep yang kita
sampaikan bisa lebih mendalam.
Kreasi pembelajaran dimaksudkan antara lain agar siswa tidak ngantuk
dan tertidur sangat pulas. Karena memang materi Fisika sangat
membutuhkan kemampuan menalar yang baik.
Bagi anak didik, cara guru menyampaikan materi lebih memberikan
pengaruh besar ketimbang kesulitan materi itu sendiri. Dan ini adalah
tugas para guru untuk lebih dan semakin kreatif dalam menemukan tips
& trik pembelajaran Fisika yang aktif, dengan model yang kreatif,
sistem penyampaian yang komukatif dan informatif, adanya pola
interaktif, dengan teknik yang persuasif, dan harus memiliki nilai
edukatif.
Harapannya, setelah upaya keras dilakukan, kondisi pembelajaran akan menjadi lebih baik. Ada take & give
antara para siswa sebagai anak didik dan guru sebagai pengantar dan
fasilitator KBM, adanya saling pengertian antara anak didik dan pendidik
atau guru.
Guru, sebagai seorang pendidik sangat ingin anak didiknya menjadi
anak yang terbaik, sementara para siswa sebagai anak didik juga ingin
pak gurunya mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan masa depannya.
Kondisi kelas yang serius namun tidak menegangkan, adalah keinginan para
guru saat mengajar dikelas.
Lihat suasana saat ulangan, ujian sekolah, apalagi ujian nasional. Di
sana masa depan ini dipertaruhkan, siapa yang serius, dia akan
mendapatkan kesuksesan; sementara siapa yang malas, dia akan merasakan
penyesalan yang mendalam. KBM yang kondusif lebih ditentukan oleh peran
aktif seorang guru.
Begitu pula Dalam pembalajaran Fisika, banyak materi yang memerlukan
peran aktif seorang guru agar bisa lebih kreatif. Diantara yang sering
menyulitkan guru, adalah ketika kita akan mengajarkan materi praktikum.
Keberadaan alat-alat yang sangat banyak dan bahkan mungkin kita
kesulitan menemukannya, entah karena langkanya alat atau harganya yang
sangat mahal; maka penggunaan software bisa menjadi solusi terbaik saat
ini, dan semoga ke depan.
dalam pembelajaran berusaha menggunakan software dalam proses
KBM Fisika. Diantara software pembelajaran Fisika yang selama ini saya
pakai adalah sebagai berikut:
1. Besaran dan Satuan.
Saya yakin, kita semua pasti masih ingat saat pertama kali belajar Fisika, pasti bab pertama yang kita pelajari adalah materi Besaran dan Satuan. Materi ini merupakan materi dasar dalam Fisika. Bab Besaran dan Satuan selalu menempati urutan pertama, yakni selalu Bab I.
Mustahil bisa mengenal dan memahami materi Fisika bila tidak melalui
materi ini. Bahkan karena terlalu seringnya materi ini diulang dan
diajarkan, kadang anak didik merasa bosan meski belum memahami secara
mendalam. Guru pun kadang juga asal saja menyampaikan materi ini, tidak
peduli apakah siswa paham atau tidak sama sakali. Materi apapun dalam
Fisika, pasti melibatkan materi dasar dan fundamental ini.
Besaran dan Satuan tidak perlu dihafal, tetapi cukup dipahami lalu
untuk penerapannya; selanjutnya untuk konversi antar/lintas satuan dalam
suatu besaran, software ini sangat membantu.
2. Play & Learn
Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Optik, Listrik – Magnet, Suhu & Kalor
Bermain dan Belajar, itulah nama software ini. Saya biasa pakai
software ini untuk permainan dan sekaligus pembelajaran, dan juga
melatih kemampuan bahasa Inggris anak didik. Software ini semua
instruksinya berbahasa Inggris, sangat pas buat kelas SBI.
Terasa remeh awalnya melihat software ini, karena memang software ini
didesian buat permaian anak kecil. Awalnya, saya mendapatkan software
ini juga karena saat itu saya mencari game edukasi, tak taunya
mendapatkan Play & Learn ini.
Dalam Play & Learn terdapat teori ringkas materi-materi
dasar Fisika, dilengkapi contoh soal dalam bentuk eksperimen, jawaban
dan pembahasannya, dan juga skor bila kita benar ataupun salah memilih
jawaban. Meskikita pindah-pindah materi (karena bosan atau pusing pada
satu materi), maka skor lama tetap dicatat dan tidak akan bisa kita
kembalikan ke awal sebelum aplikasi atau software inikita restart. Kita tidak diperkenankan berlaku curang. Wouw..! hebat n keren juga nich…
Bermain dan Belajar Fisika, benar2 seperti di Lab Fisika…
3. Software Fisika Gratis
Kinematika, Optik, Gelombang, Relativitas
Bagi yang berminat, rekan guru maupun para siswa, silahkan klik Free Physics Software.
Ada banyak pilihan software Fisika (dan lainnya) yang bisa kita manfaat
sesuai kebutuhan pembelajaran kita. Bahkan bagi para guru, di sana ada
peta kurikulum yang berisi 21 halaman. File ini bisa dibuka menggunakan
MS Word dan bisa kita olah/edit.
4. Laboratorium Maya: (Virtual Lab)
Kalangan guru maupun siswa mesti repot kalau sudah tiba saatnya harus
praktikum. Selain alatnya yang belum tentu mudah, juga mahal; Ruang
kadang harus antri dengan kelas lainnya.
Nah, situs ini menyediakan layanan praktikum gratis bagi guru dan siswa.
Silahkan masuk ke Virtual Laboratory ini. Anda pilh saja, status Guru (Teacher) atau Siswa (Student), It’s Free…
5. Fisika Inti:
Nah, menjelang berakhirnya materi pelajaran Fisika dikelas XII SLTA,
maka Fisika Modern (Radiasi benda Hitam, Teori Atom, Relativitas,
Radioaktivitas) kadang menjadi kendala, hususnya dalam memahami konsep
secara utuh. Semoga kehadiran software ini mampu meberikan satu jalan
kemudahan.
Khusus materi Radioaktif, di negeri kita Indonesia ini juga ada programmer (tim dari PT. Brainmatics Cipta Informatika)
yang telah membuat softwarenya. Saya biasa pakai software basis Flash
ini, yang tidak hanya menarik tetapi sangat ringan dan beresolusi
tinggi. Kelemahnnya, software ini berlisensi, dan harus beli.
Bagi yang juga sudah punya, selamat deh…. dan berikut screenshot nya:
6. Oscilloscope:
Askiloskop adalah sebuah Piranti Digital yang berfungsi untuk menampilkan gelombang. Kalau kita mengenal, Mikroskop adalah alat untuk melihat yang mikro=kecil=renik, lalu Teleskop alat untuk melihat yang tele=jauh, maka Oskiloskop adalah alat untuk melihat yang oscill=bergoyang=gelombang.
Dalam Fisika kelas XII adalah materi pada Bab Listrik AC, di sana
kita akan mendapatkan visualisasi bila menggunakan alat ini. Ternyata
listrik PLN yang 220 dan kalau kita pegang bisa sangat berbahaya itu,
ternyata bisa kita lihat wujudnya. Dia hanyalah sebuah gelombang…
Dengan Oskiloskop, kita bisa menentukan besarnya Tegangan, dan dengan Oskilskop
kita juga bisa menentukan Frekuensi (jumlah getaran tiap detik) dari
sebuah gelombang. Sebagai misal: Listrik PLN ternyata memiliki tegangan
kisaran 220 volt, dan frekuensi kisaran 50 Hz.
Bukan hanya itu, tetapi kita yang biasa mendengarkan musik lewat
apapun bentuk alatnya: Kmputer, VCD, DVD, MP3 biasa, MP4, HP, Tape atau
Radio,…dsb, maka bila kabel kita colokkan ke Oskiloskop, suara musik itu
bisa kita lihat bentuk geolombangnya. Bisa kita tentukan tegangannya
dan bisa kita hitung frekuensinya.
Dan yang tidak kalah menarik adalah, saat kita gabungkan dua buah
gelombang dengan orinetasi berbeda (horizontal + vertikal), Oskiloskop
akan menampilkannya dalam bentuk Gelombang “estetis” Lissayous.
Video saat saya mengajarkan “cara kerja Oskiloskop”:
Alat (Oskiloskop) ini sangat mahal, maka Aplikasi atau software
ini sangat membantu.
Screenshotnya sebagai berikut:
7. Software-software Astronomi:
a. CyberSky 3.3.1
Software ini sangat sederhana, karena bisa dijalankan di komputer
model/spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Kemampuan komputer yang
kita perlukan adalah sebagai berikut.
Microsoft Windows 98, atau di atasnya.
RAM 32 MB atau lebih
Hard-disk kosong 2 MB
Resolusi monitor 800×600 atau lebih
RAM 32 MB atau lebih
Hard-disk kosong 2 MB
Resolusi monitor 800×600 atau lebih
Bagi rekan guru yang mengajar di unit Sekolah Menengah Pertama, semoga software ini masih membantu.
b. Stellarium
Software ini cukup simple juga bila dibandingkan Starrynight Pro
(yang akan dikupas berikutnya), tetapi juga tetap memerlukan komputer
berbasis grafis lumayan tinggi.
Materi astronomi memang belum menjadi suatu yang dinilai penting bagi
kurikulum Fisika di negeri ini. Makanya di sekolah saya bentuk kelompok
astronomi, dan antusias anak didik luar biasa. Aneh memang saat
Olimpiade Sains Nasional melombakan salah satunya materi Astronomi,
tetapi Silabus tidak sama sekali menyebut persoalan ini.
c. Starrynight
Setelah terbiasa menggunakan Stellarium dan terkagum melihat fitur
yang begitu realistik, begitu mencoba dan menelusuri Software
Starrynight ini, kekaguman kita akan bertambah. Tampilan antarmuka, dan
fitur2nya sangat mudah dan yang pasti, “semua yang kita mau ada di
sini”.
Ketika kita belajar dan mengajarkan materi Gelombang Eektromagnetik
kepada anak didik, sangat penting untuk memberikan contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari dari manfaat Gelombang elektromagnetik ini. Sangat
banyak, diantaranya adalah Satelit. Alat ini ada di mana-mana, namun
yang mudah kita contohkan adalah yang ada di atas permukaan Bumi. Berapa
jumlahnya, apa namanya, lalu kapan dia melintasi wilayah kita..?
Video ini menggambarkan betapa Satelit begitu banyak…
Namun, sekali lagi untuk bisa melihatnya lebih dekat, dan mengupas tuntas perihal Satelit, Starrynight adalah solusinya.
Starrynight ada dua yang biasa Saya gunakan, yakni Starrynight Digital Download atau Starrynight Backyard dan Starrynight Pro (SNP) 6. Bahkan sekarang saya mendapatkan satu lagi Starrynight Pro Plus (SNPP) 6,
hanya yang ketiga ini baru saya coba sekali, lalu saya uninstall.
Bedanya, kalau SNDD atau SNBY fitur dan databasenya simple atau
sederhana. Sedang yang Pro amat luar biasa. Apalagi yang Pro Plus,
sampai 11 GB.
Hal yang pasti, software ini membutuhkan spesifikasi komputer berbasis grafis tinggi. Bahkan ada software prasyarat yakni DirectX dan QuickTime.
Screenshot Starrynight Backyard:
Kadangkala, anak didik perlu diajak refreshing, belajar yang tanpa
diselingi canda, membuat bosan dan cepat lelah pikiran. Misal : diajak
bermain tentang teknik memcahkan botol dengan tangan:
Setelah selesai, pasti akan muncul banyak pertanyaan; kok bisa
pecah..? apa rahasianya..? dan seterusnya. Saat itulah tugas pak guru
untuk memberikanjawaban. Penjelasan yang diberikan kepada orang yang
sedang memerlukan, akan sangat cepat dipahami.
Begitu juga saat-saat tertentu, perlu diajak menyaksikan film-film
dukomentar atau sejenisnya; tetapi yang tetap mengandung unsur sains
atau pendidikan. Rasanya, kita semua termasuka anak didik yang baik dan
memiliki orientasi hidup ke depan; akan sangat mendambakan film-film
berkualitas. Berikut contoh film astronomi yang sangat memberikan
inspirasi bagi anak didik, “Deep Impact”:
Software-software yang sudah kita koleksi, pada akhirnya perlu kita
kolaborasikan dalam satu event yang melibatkan anak didik secara massal.
Dalam sebuah event Astronomi, saya mencoba melakukan hal ini. Ada
beberapa software bisa kita padukan untukmemberikan satu move, kepada anak didik saat itu : Starrynight, Google Earth, Video Astronomi; seperti dalam video berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar